25.1.09

Pajak Sumbangan Yayasan

Nurul Qomariyah - detikfinance

Pertanyaan:

Untuk mengembangkan kegiatan sosial yang biasa dilakukan di lingkungan perusahaan, maka perusahaan kami membentuk suatu yayasan dan mengalokasikan dana secara rutin setiap tahunnya untuk kegiatan Yayasan tersebut.

Disamping itu, Yayasan juga menerbitkan buku-buku yang dijual secara umum. Apakah ada kewajiban pajak sebagai akibat dari dilakukannya kegiatan penerbitan buku tersebut ?

Jawaban :


Secara umum, penghasilan yayasan berasal dari sumbangan dan dari kegiatan yang dilakukannya. Penghasilan yayasan yang berasal dari sumbangan dikecualikan dari pengenaan pajak (bukan menjadi objek pajak) sepanjang diterima dari pihak yang tidak memiliki hubungan usaha, pekerjaan, kepemilikan atau penguasaan dengan yayasan.

Terhadap penghasilan yayasan yang berasal dari kegiatan yang bersifat komersial, seperti penjualan buku, berlaku ketentuan perpajakan yang sama dengan apabila kegiatan tersebut dilakukan oleh badan usaha.

Seperti kewajiban untuk membayar Pajak Penghasilan atas laba bersih yang diperoleh dan juga kewajiban untuk memungut PPN jika atas kegiatan tersebut terutang PPN dan memenuhi batasan untuk dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak.

Perlu untuk dicermati bahwa sumbangan yang bukan menjadi objek Pajak Penghasilan adalah hanya atas sumbangan yang memenuhi kriteria tersebut di atas. Seandainya yayasan menerima sumbangan dari pihak yang ada hubungan usaha, pekerjaan, kepemilikan atau penguasaan dengan yayasan, maka sumbangan tersebut menjadi terutang Pajak Penghasilan.

Pembentukan yayasan oleh perusahaan berpotensi untuk dianggap adanya hubungan penguasaan antara yayasan yang didirikan dengan perusahaan sebagai pendirinya. Hal ini dipertegas dengan adanya kelaziman penempatan pimpinan perusahaan di dalam yayasan yang didirikan tersebut. Sehingga, dapat dianggap bahwa perusahaan memegang kendali terhadap operasional yayasan tersebut yang akan berakibat pada diperlakukannya sumbangan yang diberikan oleh perusahaan kepada yayasan sebagai objek Pajak Penghasilan.



Artikel terkait :
- Pajak Perusahaan Software
- Perpajakan Program BOS


Info Pemesanan Klik DISINI



Info Pemesanan Klik
DISINI